Iklan Atas Mata Ikan

Google Search Console, Tools Wajib Blogger Pemula
4/ 5 stars - "Google Search Console, Tools Wajib Blogger Pemula" Bagi blogger pemula seperti saya, memunculkan blog pada hasil pencarian google adalah ujian berat. Kemarin iseng coba tes url blog www.ma...

Google Search Console, Tools Wajib Blogger Pemula

Mata Ikan
Cara Menggunakan Google Search Console

Bagi blogger pemula seperti saya, memunculkan blog pada hasil pencarian google adalah ujian berat. Kemarin iseng coba tes url blog www.mataikan.id di kolom halaman pencarian. Hasilnya nihil, tidak terindeks. Kan nyesek.

Kok bisa ? blog baru dan domain baru memang tidak otamatis terindeks dalam pencarian google. Ibarat bayi baru lahir, harus didaftarkan dulu di kantor Catatan Sipil. Bagaimana dengan blog baru ? Daftarkan ke Google Search Console!

Apa Itu Google Search Console?


Google Search Console atau yang dikenal juga sebagai Google Webmaster Tools adalah tools gratis yang berfungsi untuk memonitor kinerja blog dalam pengindeksan atau pencarian google.

Tools ini memungkinkan kita memverifikasi kepemilikan blog, mengetahui link eksternal (backlink) pada blog yang diberikan oleh domain lain, mengukur performa blog pada perangkat mobile, hingga menganalisis halaman tertentu di blog dengan trafik tertinggi maupun terendah.

Kenapa Google Search Console?


Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari mengoptimalkan penggunaan Google Search Console. Berikut beberapa manfaat yang bisa diperoleh :

  • Mempercepat pengindeksan halaman/artikel blog melalui inspeksi url dan submit sitemap.
  • Diagnosa broken link atau tautan yang error, sehingga kita bisa menghindari pengalaman tidak memuaskan bagi pengunjung blog.
  • Mengetahui tingkat impresi, kemunculan blog pada hasil pencarian untuk keyword/kata kunci tertentu dan berapa kali blog anda diklik dari hasil pencarian tersebut (click trough rate).
  • Optimasi blog dari data impresi, CTR (Click Trough Rate) hingga keyword yang banyak digunakan orang untuk menemukan blog anda.

Bagaimana Cara Menggunakan Google Search Console?


Awal September 2018, terjadi update tampilan antarmuka Google Search Console. Banyak fitur yang dihilangkan dan beberapa fitur lain mengalami pembaruan. Berikut panduan terbarunya :

1. Tambahkan Domain


Saat pertama kali Google Search Console terbuka, anda akan diarahkan untuk memilih jenis properti. Pilih yang di sebelah kiri, Domain, isikan url blog (tanpa https:// atau http://). Misal : www.mataikan.id

2. Tambahkan Properti


Di sini kita mengulang step sebelumnya, tapi kali ini url blog diketik lengkap. Pilih menu Tambahkan Properti seperti gambar di atas dan akan muncul kotak dialog seperti pada langkah 1.

Lalu pilih properti Awalan URL dan masukkan url blog (dengan https:// atau http://). Misal https://www.mataikan.id

3. Verifikasi Kepemilikan

Verifikasi kepemilikan cukup dilakukan pada Properti Domain, karena akan otomatis tersetting ke Properti Awalan URL. Pada daftar menu di sebelah kiri, pilih Setting lalu Penyedia Nama Domain.

Setelah terjadi pembaruan Google Search Console, Verifikasi kepemilikan harus melalui penyedia nama domain. Tidak cukup hanya melalui Tag HTML.


Salin data TXT record lalu pastekan di konfigurasi DNS tempat anda membeli domain. Pada contoh ini saya menggunakan penyedia domain idwebhost.com.


Jika anda menggunakan idwehost.com seperti saya, login ke halaman member area lalu pilih menu Kelola DNS. Lalu di kolom Nama Host isi dengan url blog, misal : mataikan.id,


Pada kolom Jenis Record pilih SPF txt, dan pada menu Alamat isikan dengan data TXT record yang telah disalin dari halaman Google Search Console. Selanjutnya klik Simpan.

Kembali ke halaman Google Search Console dan tunggu massa propagasi kurang lebih 1 jam, lalu klik Verifikasi.

4. Tambahkan Sitemap

Sitemap adalah file berformat xml yang memuat daftar halaman dan artikel blog. Untuk user blogspot sitemap ini otomatis ada. Tinggal dimasukkan URL nya ke Google Search Console.

Pilih menu Peta Situs, masukkan URL Peta Situs di bawah ini satu per satu. Untuk cara penggunaanya tambahkan alamat blog sebelum URL Peta Situs. Misal https://www.mataikan.id/rss.xml

/rss.xml
/sitemap.xml
/atom.xml

Untuk memastikan sitemaps mendapatkan crawl oleh Google, lakukan ping dengan format link seperti ini :

https://www.google.com/ping?sitemap=https://www.mataikan.id/sitemap.xml

Ganti url yang berwarna hijau dengan url blog milik sendiri. Setelah proses ping selesai, akan muncul halaman Sitemaps Notification Received, yang berisi keterangan bahwa sitemap blog berhasil ditambahkan ke dalam crawl list Google.

5. Inspeksi URL

Fitur inspeksi URL digunakan untuk meminta pengindeksan setiap halaman dan artikel blog pada halaman pencarian Google.


Pada menu bagian kiri Google Search Console pilih menu Inspeksi URL, masukkan URL Halaman dan URL Artikel satu per satu.

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, setelah saya masukkan URL artikel ini, muncul keterangan "URL tidak ada di Google". Agar artikel bisa terindeks klik pilihan MINTA PENGINDEKSAN.

Bagaimana ? Simpel kan ?

-----

Demikian artikel mengenai dasar-dasar penggunaan Google Search Console terbaru. Dengan menerapkan lima langkah di atas, kalian telah menyelesaikan tahapan untuk memunculkan blog di hasil pencarian google. Semoga bermanfaat.

[Update Artikel 28 Oktober 2018]

Yang Baru Mata Ikan

Lihat semua

Subscribe Sekarang